Tips mengatasi susah tidur


Pasti menyebalkan kalau pada saat semua orang tidur dengan lelap, tetapi mata tidak juga bisa diajak istirahat. Hal ini agak sering juga saya alami. Yang paling tidak menyenangkan lagi, hari esok yang seharusnya kita hadapi dengan semangat, akhirnya tidak bisa dilalui dengan baik karena kondisi badan yang tidak fit karena kurang tidur. Anda pernah merasakannya juga?

nah, karena saya orangnya tidak ingin jatuh ke lubang yang sama, akhirnya saya mencari tahu, kenapa sih itu bisa terjadi?? Jeng..jeng..jeng..jeng...
Setelah melakukan penyelidikan, akhirnya saya menemukan jawabannya.

Ternyata "pelaku" bernama INSOMNIA.

Insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur, atau tidur tidak nyenyak. Rata-rata orang pernah mengalami hal ini minimal sekali dalam hidupnya. malah ada sumber yang mengatakan bahwa hampir 50% populasi mengalami insomnia.

Apa penyebabnya?
Dikatakan bahwa insomnia lebih sering diakibatkan tingkat stres yang tinggi. Oleh karena itu, insomnia lebih sering menyerang orang dewasa daripada anak-anak. karena tingkat stres orang dewasa lebih tinggi daripada anak-anak. Menurut penelitian dikatakan juga bahwa wanita lebih dominan terkena insomnia daripada pria.




Bagaimana mengatasinya?
Nah, ini ni yang saya tunggu-tunggu, lets check it up:
1. Olahraga yang teratur. Menurut kakakku yang kebetulan seorang calon dokter, olahraga itu minimal dilakukan 3-6 jam dalam seminggu. Dan sebaiknya dilakukan pada pagi hari.
2. Jangan makan atau minum yang banyak menjelang tidur. karena hal itu akan mengganggu tidur anda. Dan bagi anda yang tidak ingin perutnya buncit, jangan biasakan sehabis makan langsung tidur.
3. Kondisikan tempat dan suasana tidur anda senyaman mungkin. Makanya, sebelum tidur, cuci muka, gosok gigi, cuci kaki, dan jangan lupa berdoa.
4. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau satu jam sebelum tidur. Air hangat merupakan terapi yang akan menghilangkan ketegangan tubuh, dan merelakskan diri sehingga membuat tidur lebih nyenyak.
5. Lakukan hal-hal yang anda senangi atau hal yang membuat hati anda senag, nyaman, dan melupakan semua rutinitas anda yang melelahkan. Misalnya, mendengarkan music klasik dan lain sebagainya.
6. Jernihkan fikiran anda. hilangkan semua masalah dari fikiran anda.Hal ini bisa dilakukan dengan menulis diary, menulis blog, atau ikuti tips menghilangkan kesedihan yang ada pada tulisan sebelumnya.
7. Tidur dan bangunlah pada periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang tidak teratur akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Mari kita sama-sama memerangi insomnia agar dapat melewati hari dengan semangat luar biasa. Tetap semangat.!!!!!



Bagi yang punya tips tambahan silahkan di share...

Semoga Bermanfaat...

1 komentar:

  1. untuk tops yg ke 4 itu bener zali? berarti kita disuruh mandi malam dong?

    BalasHapus